corporate-news | 27 7 2020
JAKARTA - Rekening Ponsel merupakan layanan transaksi perbankan menggunakan nomor ponsel, layaknya rekening tabungan, tanpa mengharuskan penggunanya menjadi nasabah bank manapun. Sebagai upaya untuk mempermudah serta memperluas layanan Rekening Ponsel kepada seluruh masyarakat di Tanah Air, PT Bank CIMB Niaga Tbk bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) - pengelola jaringan ritel Alfamart dan anak Perusahaannya dibawah PT Midi Utama Indonesia Tbk, pengelola Alfamidi, Alfaexpress, Lawson dan PT Sumber Indah Lestari pengelola toko produk kesehatan dan kecantikan DAN+DAN, merupakan Perusahan Nasional yang memiliki jaringan ritel yang luas di Indonesia.
Kesepakatan kerja sama ini meliputi penerimaan pembayaran menggunakan Rekening Ponsel di seluruh Toko Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, Lawson dan DAN+DAN. Selain itu, transaksi setor dan tarik tunai Rekening Ponsel juga dapat dilakukan di seluruh Toko Alfamart.
“Jaringan toko yang luas dan strategis menjadi salah satu keunggulan SAT dalam melayani masyarakat yang tersebar hingga di luar jangkauan CIMB Niaga. Rekening Ponsel merupakan produk awal kami untuk mendukung inisiatif keuangan inklusif Bank Indonesia dalam menyediakan kemudahan layanan perbankan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Setiap orang yang memiliki telepon seluler (ponsel), dapat menikmati layanan perbankan hanya dengan menggunakan ponsel-nya, termasuk tarik tunai di ATM pun tidak lagi memerlukan kartu ATM. Kami terus melakukan edukasi atas layanan berbasis e-money ini. Oleh sebab itu, kami berharap kerja sama dengan Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, Lawson dan DAN+DAN, menjadikan masyarakat semakin mengenal dan dapat menikmati layanan perbankan dengan mudah dan aman,” kata Budiman Poedjirahardjo, Head of Branch and Branchless Banking CIMB Niaga.
Untuk memperoleh layanan Rekening Ponsel, lanjut Budiman, masyarakat dapat mendaftarkan nomor ponsel sekali saja di kantor cabang CIMB Niaga terdekat, untuk seterusnya dapat menikmati layanan ini. Rekening Ponsel dilengkapi dengan proteksi PIN yang dibuat oleh penggunanya. sehingga aman. Selain itu, layanan ini juga tidak dikenakan biaya administrasi atau biaya bulanan, dan memungkinkan pengguna untuk cek saldo di manapun dan kapan pun.
Sementara itu, Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Solihin mengatakan, layanan pembayaran di toko melalui Rekening Ponsel bertujuan untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan. “Pelanggan kami dapat menikmati pengalaman “one-stop shop” untuk berbelanja kebutuhan pokok dan sehari-hari sekaligus melakukan transaksi perbankan melalui toko dengan menggunakan Rekening Ponsel. Transaksi pembayaran non-tunai, dalam hal ini Rekening Ponsel, memiliki berbagai keuntungan, antara lain lebih efisien dan aman, karena konsumen tidak perlu repot membawa uang tunai ataupun kartu ATM kemana-mana,” ucapnya.
Baca juga : PENANDATANGANAN KERJASAMA ADIRA FINANCE dengan ALFAMART, ALFAMIDI, DAN+DAN
Solihin menambahkan untuk meningkatkan jumlah pengguna Rekening Ponsel perusahaan menyelenggarakan program belanja dengan bonus e-voucher. Bagi pelanggan yang berbelanja menggunakan Rekening Ponsel sebanyak 5 kali dengan minimal transaksi Rp 50.000 di Alfamart, Alfamidi dan DAN+DAN, maka akan mendapatkan gratis e-voucher belanja sebesar Rp 50.000 yang dikirimkan melalui SMS. Program ini berjalan pada periode September hingga November 2014.