Alfamart Group Layani Pembayaran DOKU Wallet

corporate-news | 27 7 2020

News Banner Alfamart Group Layani Pembayaran DOKU Wallet

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk., meluncurkan layanan terbarunya di awal tahun 2014 yakni pembayaran di konter dengan menggunakan DOKU Wallet. Sebagai sebuah perusahaan ritel yang menaungi jaringan ritel modern Alfamart, Alfamidi dan Lawson tentunya kerja sama tersebut dapat mempermudah pelanggannya dalam bertransaksi. Sedangkan bagi PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU) sebagai penyedia layanan DOKU Wallet, kerja sama strategis ini diharapkan dapat semakin memberikan kenyamanan bagi penggunanya dengan diperluasnya titik top up (isi ulang), mengingat jaringan ritel yang dimiliki PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. cukup luas cakupannya ditambah lagi dengan jaringan toko DAN+DAN dan Alfa Express yang masih dalam satu group. “Kerja sama ini sebagai bukti komitmen kami di dalam memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan,” kata Solihin, Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

DOKU Wallet merupakan dompet virtual yang bersifat terbuka dan dapat digunakan oleh siapa saja, baik mereka yang memiliki rekening bank maupun tidak, dengan atau tanpa kartu kredit. “Melalui kerja sama ini, kini baik pengguna DOKU Wallet maupun pelanggan setia Alfamart group dapat berbelanja kebutuhan sehari-hari secara off-line dan tetap melakukan pembayaran secara on-line,” ujar Himelda Renuat, Chief Marketing Officer DOKU.

“Selain untuk pembelanjaan, jaringan ritel kami juga melayani isi ulang (top-up) DOKU Wallet dengan besaran mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 500.000,” tutur Solihin.

Untuk dapat menikmati layanan DOKU Wallet, pelanggan Alfamart, Alfamidi, Lawson, Alfa Express dan DAN+DAN harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran di situs DOKU Wallet www.dokuwallet.com. Setelah mendaftar, mereka akan mendapatkan DOKU ID, PIN dan PASSWORD. Untuk dapat melakukan pembelanjaan (Purchase), maka konsumen harus melakukan permintaan token belanja melalui sms dengan cara Wallet(spasi)token(spasi)Nomor Handphone#PIN kirim ke 9123 atau melaui website ke www.dokuwallet.com/token. Token DOKU akan valid selama 30 menit, jadi setelah melewati 30 menit maka konsumen harus melakukan permintaan token DOKU kembali dan nomor handphone yang dimasukan adalah nomor handphone yang terdaftar di DOKU Wallet. Setelah mendapatkan token, pelanggan akan menginformasikan ke kasir untuk melakukan pembayaran menggunakan DOKU Wallet dan memberikan nomor tokennya untuk ditransaksikan. Sedangkan untuk isi ulang, konsumen tidak perlu melakukan permintaan token. Tarif untuk permintaan token adalah Rp 550 per sms dan biaya Top Up per transaksi adalah Rp 3500 (nilai biaya ini berlaku mulai 1 Februari 2013).

Lebih lanjut Solihin memaparkan bahwa layanan DOKU Wallet juga dapat digunakan untuk berbelanja online di www.alfaonline.com. Ia tidak menargetkan adanya peningkatan penjualan maupun pelanggan dari adanya layanan tersebut, namun dirinya yakin bahwa layanan DOKU Wallet ini akan terus berkembang. “Sebenarnya cara pembayaran seperti ini bukan yang pertama di Alfamart khususnya, karena kasir kami juga melayani pembayaran e-wallet sejenis yang perkembangannya cukup bagus. Kami optimis, DOKU Wallet ini juga akan diminati pelanggan kami,” paparnya.

Lebih lanjut lagi Himelda menargetkan adanya peningkatan berarti dari kerja sama dengan Alfamart,

Alfamidi, Lawson, Alfa Express dan DAN+DAN adanya peningkatan transaksi yang signifikan. “Kita tahu Alfamart memiliki jaringan ritel yang sangat banyak lebih dari 8.000 toko belum lagi ditambah jaringan Alfamidi, Alfa Express, Lawson dan DAN+DAN serta melalui situs e-commerce mereka www.alfaonline.com. Tentu saja ini prospek yang sangat menjanjikan bagi perkembangan DOKU Wallet ke depan, mengingat pengguna DOKU Wallet yang terus bertambah dengan hampir 500 mechant kerja sama” katanya.

Optimisme Himelda pun bukan tanpa alasan. Ia melihat masyarakat pengguna internet dan transaksi online (e-commerce) di Indonesia terus mengalami peningkatan sehingga menjadi potensi tersendiri bagi bisnis DOKU Wallet. “Kerja sama dengan Alfa Group tersebut merupakan satu terobosan baru untuk membidik konsumen ritel karena mudahnya menggunakan layanan ini, cukup daftar ke web, setor uang, dan bisa top-up (isi ulang),” pungkas Himelda.

Tentang PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA Tbk

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (PT SAT) merupakan perusahaan ritel yang mengelola 8.557 toko Alfamart yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok dan Sulawesi.

Pada Januari 2013, PT SAT memperbesar porsi kepemilikan sahamnya di PT Midi Utama Indonesia Tbk (PT MUI) menjadi 54,57% sehingga menjadi pemegang saham mayoritas. PT MUI sendiri adalah perusahaan yang menaungi 592 Alfamidi, 70 Alfa Ekspress dan 62 Lawson.

Pada 18 Juli 2013, PT. Sumber Indah Lestari (SIL), anak unit usaha PT SAT mengoperasikan gerai DAN+DAN yang pertama di Kota Wisata, Cibubur. Gerai DAN+DAN merupakan gerai yang menjual produk Health and Beauty dan saat ini SIL memiliki 10 Gerai DAN+DAN yang tersebar di Jabodetabek. PT SAT memiliki 65% saham pada PT Sumber Indah Lestari.

Tentang DOKU – PT Nusa Satu Inti Artha

DOKU adalah penyedia solusi pembayaran online terintegrasi pertama di Indonesia yang menawarkan solusi pembayaran secara lokal dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan merchant. Berdiri sejak tahun 2007 dan terdaftar dengan nama PT. Nusa Satu Inti Artha, DOKU merupakan perusahaan lokal pertama di Indonesia yang telah memiliki sertifikasi PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standards) Level 1 untuk transaksi online. Melayani ribuan merchant dan terkoneksi secara langsung ke enam bank besar di Indonesia, DOKU menyediakan pilihan pembayaran online yang lebih beragam baik bagi merchant berlogo DOKU maupun pengguna layanan DOKU di Indonesia.