corporate-news | 29 7 2020
Jakarta, 18 Februari 2013. Dunia e-commerce atau yang kerap disebut sebagai toko online di Indonesia terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Banyak jenis usaha yang mulai menyentuh bisnis ini. Karena dengan sistem belanja seperti ini, konsumen dapat berbelanja secara langsung tanpa harus bertemu dengan pedagang atau pergi ke toko yang bersangkutan sehingga dapat menghemat dari sisi waktu. Alhasil, kesibukan dan kemudahan menjadi alasan terbesar berkembangnya e-commerce di Indonesia.
Sebagai salah satu ritel terkemuka di Tanah Air, Alfamart juga tak ingin ketinggalan untuk memberikan nilai plus lain dari sekedar minimarket. Untuk itu, hari ini (Kamis, 14/1/13) Alfamart meluncurkan produk e-commerce nya yang diberi label Alfaonline.
Baca juga : Hati-hati Situs Kuis Hoax Atas Nama Alfamart
“Ini merupakan salah satu fasilitas layanan kami untuk pelanggan Alfamart yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja ke gerai Alfamart. Sejauh ini, Alfamart masih menjadi minimarket pertama di Indonesia yang meluncurkan e-commerce,” kata Hans Prawira, Managing Director Alfamart.
Alfaonline
Alfaonline merupakan layanan berbelanja ‘di minimarket Alfamart’ melalui internet dengan alamat www.alfaonline.com. Alfaonline ini hadir untuk memberikan solusi bagi pelanggan setia Alfamart yang tidak memiliki waktu untuk pergi ke gerai Alfamart, tidak ingin mengantri di kasir dan tidak ingin terkena macet di jalan.
Selain memberikan kemudahan berbelanja ‘di minimarket’ via online, Alfaonline juga menawarkan kemudahan dalam pembayaran. Pelanggan Alfaonline dapat memilih alat pembayaran sesuai dengan yang dimilikinya seperti Mandiri Clickpay, BCA Klikpay, Telkomsel T-Cash ataupun XL Tunai.
“Dengan cara pembayaran seperti ini membuat pelanggan jauh lebih mudah dan aman. Mereka cukup duduk manis di rumah, barang belanjaan pun akan diantar. Bahkan mereka juga dapat berbelanja untuk sanak saudara yang ada di kampung,” jelas Hans.
Bagaimana cara berbelanja di Alfaonline?
Calon pelanggan cukup mendaftar melalui website www.alfaonline.com dengan meng-klik kotak ‘REGISTER’ yang ada di pojok kanan atas. Masukkan alamat email, nomor telopon selular dan data-data pendukung lain. Selesai melakukan pendaftaran, buka email yang sebelumnya telah didaftarkan untuk melakukan aktivasi. Klik kotak ‘LOGIN’ yang tersedia.
Pilihlah barang dan jumlah yang akan dipesan. Untuk harga sesuai dengan yang tertera di daftar barang. Selesai memilih, klik ‘SHOPPING CART” untuk melihat daftar belanjaan dan kemudian klik ‘CHECKOUT’ kalau merasa belanjaan Anda sudah cukup.
Minimal pembelanjaan di Alfaonline adalah Rp 50.000,- jika kurang dari jumlah itu, maka secara otomatis transaksi tidak dapat dilanjutkan. Pelanggan pun dapat menambahkan barang belanjaan lain agar memenuhi minimal transaksi.
Langkah selanjutnya adalah mengisi ‘MODEL PENGIRIMAN’ (dapat dikirim atau diambil di gerai Alfamart terdekat), ‘JADWAL PENGIRIMAN’, ‘NAMA PENERIMA’ dan ‘ALAMAT LENGKAP’, klik ‘NEXT dan kemudian ‘PLACE ORDER’. Langkah terakhir adalah menentukan cara pembayaran.
Biaya pengiriman yang akan dibebankan adalah Rp 5.000,-/pengiriman untuk pembelanjaan di bawah Rp 100.000,-. Sedangkan untuk pembelanjaan di atas Rp 100.000,- tidak akan dikenakan biaya pengiriman.
Waktu pengiriman/pengantaran barang ke rumah terbagi dalam 4 termin yakni antara pukul 08.00 – 12.00, 12.00 – 16.00, 16.00 – 19.00 dan 19.00 – 22.00. Sementara bagi pelanggan yang memilih untuk mengambil barang belanjaannya di gerai Alfamart ada 7 pilihan waktu yang dapat dipilih yakni antara pukul 08.00 – 10.00, 10.00 – 12.00, 12.00 – 14.00, 14.00 – 16.00, 16.00 – 18.00, 18.00 – 20.00 dan 20.00 – 22.00.
“Untuk sementara ini, kami baru mengcover 200 toko yang memiliki coverage area di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi seperti yang ada di website. Ke depan tentu kami akan menambah jumlah toko agar coverage areanya bisa lebih luas,” jelas Hans.
Baca juga : Alfamart Alirkan Bantuan Untuk Korban Banjir