Alfamart Luncurkan Media Baru TabloidKu

corporate-news | 28 7 2020

News Banner Alfamart Luncurkan Media Baru TabloidKu

JAKARTA – Mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui inovasi yang dilakukan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (PT SAT), pemilik jaringan minimarket Alfamart, Alfamidi, serta DAN+DAN bekerja sama dengan PT Berkat Anugerah Inovasi Kreatif (PT BAIK) meluncurkan media eksklusif bagi konsumennya bernama TabloidKu.

Corporate Affairs Director PT SAT Solihin, mengatakan TabloidKu merupakan wujud implementasi salah satu visi perusahaan yakni memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. “Kami ingin memberikan nilai lebih bagi konsumen melalui sinergi dengan media. Kami juga berharap bahwa TabloidKu ini bisa sungguh menjadi alternatif media yang bisa menjadi panggung bagi produk para principals,” tutur Solihin.

Pada tahap awal, media ini akan terbit setiap awal bulan dengan total oplah mencapai 600.000 eksemplar yang didistribusikan ke 12.000 jaringan toko kami, untuk diberikan secara gratis kepada 50 konsumen di masing-masing toko.“Cara mendapatkannya mudah, pada 1 April 2016 konsumen yang berbelanja minimal Rp 50.000 dengan menggunakan kartu member Ponta akan diberikan 1 TabloidKu Gratis,” papar Solihin.

Solihin menambahkan, konten berita yang akan disajikan berisi tentang keluarga, berita selebriti, aneka tips, hingga mengupas keunggulan suatu merek dan juga berita tentang perusahaan.“Kami berharap, kehadiran TabloidKu di tengah keluarga Indonesia bisa meningkatkan kualitas hidup mereka dengan menghadirkan media untuk berbagi informasi yang sifatnya edukatif,” ungkapnya.

Executive Director The Nielsen Indonesia, Yongky Susilo mengatakan, index kepercayaan konsumen di Indonesia masih sangat tinggi tepatnya nomer 3 di seluruh dunia. Ini membuat investor kembali melirik Indonesia karena dianggap bagus untuk investasi ke depan.

“Dari bulan Oktober sampai Desember 2015, terlihat pertumbuhan volume sales FMCG sudah kembali ke double digit. Hal ini terutama didorong oleh minimarket. Jadi kita perlu memikirkan berbagai hal tentang strategi penjualan yang dapat mengubah tataran pemasaran ke depan,” papar Yongki.

Yang menarik, TabloidKu adalah media cetak yang dibagikan gratis kepada konsumen loyal Alfamart, Alfamidi, serta DAN+DAN. "Media cetak tetap dicari karena orang ingin mendapatkan sesuatu yang secara fisik dapat dipegang dan disentuh. Saya bisa mengatakan bahwa TabloidKu merupakan sebuah sarana komunikasi yang mengikuti tren. Mereka menjemput bola," tambah Yongky Susilo, Executive Director The Nielsen Indonesia.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Wahyu Hartomo yang hadir dalam acara Launching TabloidKu juga mengapresiasi langkah perusahaan ritel yang menghadirkan media baru yang bisa dimanfaatkan guna mengedukasi masyarakat, khususnya perempuan dan anak-anak.

Para principals turut menyambut baik diterbitkannya TabloidKu. Salah satunya Deputy Foodstore Director, PT Coca-Cola Amatil Indonesia, Erika Widury menganggap TabloidKu sebagai inovasi baru dari Alfamart yang bisa memenuhi harapan konsumen dan suatu bridging dari supplier untuk mengkomunikasikan product knowledge-nya sehingga konsumen bisa tahu kelebihan-kelebihannya. "TabloidKu juga bisa memenuhi visi Alfamart dan supplier," ungkapnya.

Menurut Head of Key Account Minimarket, PT Nestle Indonesia, Yuli Indriasari, TabloidKu ini adalah salah satu advance komunikasi yang bisa dilakukan. "Tidak hanya sekadar mempromosikan suatu produk, kita juga bisa memberikan informasi yang lebih edukatif untuk semua shopper," tambahnya.

Oplah Terbesar

Dalam kesempatan tersebut, TabloidKu juga meraih piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) atas rekor Tabloid Nasional Gratis dengan Oplah Terbanyak. Distribusi media ini akan tersebar ke 242 Kota/Kabupaten meliputi 22 Provinsi di Indonesia dan akan terus diperluas mengikuti perkembangan jaringan ritel milik Alfamart.

Grow Together

Director PT BAIK,H.Witdarmono mengatakan, filosofi TabloidKu adalah tabloid aku dan lingkungan sekitarku. Prinsip ini yang menjadi motor untuk membangun pertumbuhan bersama pihak-pihak yang bekerja sama. Segmentasi pembaca TabloidKu adalah keluarga dan anak-anak, yang merupakan konsumen loyal.

Witdarmono berharap, kehadiran TabloidKu bisa menjadi sarana komunikasi yang efektif bagi pihak-pihak yang berkepentingan. "Misalnya saja, principal yang memiliki produk baru tapi susah diterima konsumen padahal harga dan kualitasnya mampu bersaing.

(Baca Juga: Alfatainment: Bukti Komitmen Alfamart Untuk MemperluasDistribusi Konten Digital)

Ternyata, produk baru tersebut tidak memiliki ruang untuk menjelaskan keunggulan dan kualitas produknya. Nah, diharapkan media ini bisa menjadi media komunikasi yang efektif bagi principal tersebut," jelasnya.

Corporate Affairs Director PT SAT, Solihin menambahkan, salah satu tujuan utama diterbitkannya TabloidKu adalah membangun emotional bonding antara brand dan konsumen.

"Harapan konsumen bisa dipenuhi, principals memiliki tempat untuk menjelaskan produk mereka dengan lebih lengkap. Sementara konsumen mendapat edukasi untuk menjadi smart consumers," tandasnya.

Kehadiran TabloidKu diharapkan mampu menumbuhkan bisnis industri ritel, media dan para produsen untuk saling memajukan atau grow together.