Cara Kirim Uang Lewat Alfamart Makin Mudah, Cari Tahu di Sini

tips | 24 3 2022

News Banner Cara Kirim Uang Lewat Alfamart Makin Mudah, Cari Tahu di Sini

Dengan teknologi yang berkembangnya makin pesat, banyak urusan yang dipermudah, termasuk perbankan. Kalau dulu membuat rekening hanya bisa dilakukan dengan datang langsung ke bank, sekarang membuat rekening baru bahkan sudah bisa dilakukan via online dari mana saja. 

Masalahnya, tak semua orang bisa membuat rekening bank mereka sendiri. Bagi yang tinggal di wilayah terpencil di mana akses internet tidak terjangkau atau di mana tidak tersedia bank di area sekitarnya, tentu sulit untuk punya rekening bank sendiri. Alfamart menyediakan layanan kirim uang yang bisa dimanfaatkan siapa saja dengan mudah. Yuk dapatkan info lengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Transfer Uang Lebih Mudah di Alfamart

Syarat dan Ketentuan Kirim Uang Lewat Alfamart

Untuk membuat rekening bank atau saat mau menggunakan layanan tertentu, biasanya kita harus mendaftarkan diri dulu. Jadi apakah kirim uang di Alfamart juga harus jadi member di Alfamart dulu? Ternyata tidak perlu! Konsumen bisa langsung datang ke gerai Alfamart terdekat untuk mengirim uang. Hanya saja, pastikan Anda sudah membawa kelengkapan dokumen di bawah ini:

1. Kartu Identitas Pribadi

Pengirim harus berusia 17 tahun ke atas, karena ada syarat kartu identitas pribadi. Konsumen bisa memilih menggunakan kartu identitas yang beragam mulai dari KTP, SIM ataupun paspor.

2. Nomor Telepon Aktif

Pihak kasir Alfamart akan meminta nomor telepon pribadi pengirim uang. Nomor bisa berupa nomor telepon rumah atau nomor HP, yang pasti harus aktif dan bisa dihubungi kapan saja. Saat ini lebih banyak konsumen yang memberikan nomor HP. 

3. Uang Tunai

Untuk mengirim uang lewat Alfamart, hanya bisa dilakukan dengan membawa uang tunai. Jadi pihak pengirim tidak bisa mengirim uang lewat dompet elektronik, rekening bank, atau cara lainnya. Karena itu, diharapkan pengirim membawa uang tunai sejumlah yang akan dikirim.

4. Biaya Pengiriman & Administrasi

Layanan pengiriman uang lewat Alfamart ini dikenakan biaya pengiriman dan administrasi. Biayanya beragam, kisarannya antara Rp 15.000 – Rp 25.000. Pastikan pengirim juga menyiapkan uang tunai untuk biaya ini. 

5. Nomor Telepon Penerima Uang

Terakhir, pihak Alfamart akan meminta nomor telepon atau HP pihak penerima. Meski begitu, bagian ini bisa tidak diisi. Hanya saja, akan lebih memudahkan pihak Alfamart maupun pengirim jika nomor telepon penerima ikut disertakan. Fungsinya untuk memastikan uang yang dikirim sudah sampai. Alfamart pun bisa menghubungi penerima dengan mudah. 

Selain kelima persyaratan di atas, ada hal yang seharusnya tak luput dari perhatian pengirim sebelum melakukan transaksi. Pastikan di dekat area si penerima ada gerai Alfamart. Dengan begitu, uang yang dikirim bisa diklaim dan diambil dengan mudah. 

Ini Dia Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Kelima syarat dan ketentuan di atas sudah disiapkan? Kalau begitu, sekarang saatnya pihak pengirim mengunjungi gerai Alfamart yang paling dekat dari lokasi masing-masing. Tak perlu pakai rekening bank lagi, kini konsumen Alfamart bisa dengan mudah mengirim uang ke siapa pun di mana pun, selama di sekitar areanya tersedia gerai Alfamart.

Ini dia langkah yang harus dilakukan untuk kirim uang lewat Alfamart:

1. Menuju Gerai Alfamart

Layanan kirim uang lewat Alfamart bisa dilakukan di gerai mana saja. Tidak harus gerai yang ada di dekat rumah saja, karena tidak ada hubungan dengan alamat yang tertera di kartu identitas konsumen. Cukup pilih salah satu gerai Alfamart yang dekat dengan rumah atau tempat beraktivitas, atau yang dilewati setiap hari. 

2. Ke Kasir

Pihak Alfamart yang akan membantu seluruh proses mengirim uang adalah kasir. Karena itu, begitu sampai langsung saja menuju kasir. Tentu kalau ada antrean, konsumen harus ikut mengantre dengan tertib hingga tiba giliran kita. Sama saja dengan belanja biasa karena tidak tersedia jalur khusus untuk transaksi pengiriman uang. 

3. Mengurus Data di Kasir

Setelah tiba giliran kita, kasir akan membantu seluruh prosesnya. Mulai dari mengecek data di kartu identitas diri, nomor telepon atau HP yang aktif, dan data penerima uang. Pastikan semua data yang dibutuhkan diberikan dengan benar dan lengkap. jangan lupa untuk membayar biaya pengiriman dan biaya administrasi. 

4. Tunggu Beberapa Menit

Setelah data sudah lengkap, kasir akan mengurus proses transaksi. Tunggu beberapa saat hingga selesai. Kalau lancar, proses pengiriman uang hanya akan berlangsung beberapa menit saja.

5. Transaksi Berhasil

Kalau proses pengiriman uang via Alfamart sudah berhasil, maka pengirim akan mendapat SMS otomatis dari DOMPETKU. Info di dalam pesan tersebut adalah kode pengiriman uang. Ini bisa dijadikan bukti dengan cara menangkap layar dan mengirimkannya ke pihak penerima. Simpan screenshot dan SMS hingga penerima sudah mengklaim uangnya. 

6. Transaksi Selesai

Setelah SMS diterima, maka transaksi sudah selesai. Konsumen bisa melanjutkan berbelanja kebutuhan di Alfamart dengan berbagai promonya. Bisa juga membeli pulsa, paket data, atau membayar berbagai tagihan di kasir Alfamart. 

Cara Mudah Klaim Uang yang Dikirim Lewat Alfamart

Lalu bagaimana kalau Anda adalah pihak yang menerima kiriman uang via Alfamart? Bagaimana cara mengklaim uangnya? Sama mudahnya dengan mengirim, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini saat Anda mendapat kiriman uang lewat Alfamart:

1. Simpan Kode Pengiriman Uang

Jika pihak pengirim uang mengirimkan screenshot bukti pengiriman uang, Anda harus simpan fotonya di galeri untuk dijadikan bukti di proses klaim.

2. Siapkan Kartu Identitas Pribadi

Sebenarnya ini bukan kewajiban, melainkan opsional saja. Tapi untuk bersiap-siap dan proses lebih lancar, tak ada salahnya membawa kartu identitas pribadi kita.

3. Menuju Gerai Alfamart

Setelah kedua hal di atas telah siap, maka saatnya menuju ke gerai Alfamart yang paling dekat dengan lokasi kita berada.

4. Antre di Kasir

Setelah sampai, antre di kasir sama seperti saat belanja. Proses validasi dan klaim akan dibantu oleh kasir Alfamart. Jadi Anda harus menunggu giliran untuk dibantu. 

5. Menunggu Proses Validasi

Kasir akan menanyakan kode referensi pengiriman uang. Tinggal tunjukkan bukti screenshot SMS dari DOMPETKU yang sudah disimpan di galeri Anda sebelumnya. Kasir akan mengecek validasi kode tersebut. Tunggu sebentar, kalau kode valid dan data sudah sesuai maka prosesnya hanya sebentar saja.

6. Ambil Uang

Kode sudah valid, maka uang bisa langsung diambil. Pihak penerima uang tidak perlu melakukan pembayaran karena sudah tidak dikenakan biaya tambahan lagi alias gratis. 

Dengan adanya layanan kirim uang lewat Alfamart, kini jadi makin mudah mengirim uang untuk orang tua, kerabat atau siapa saja dari dan ke kawasan yang terpencil di seluruh Indonesia. Selama di kawasan tersebut sudah tersedia gerai Alfamart, kirim uang untuk berbagai keperluan jadi tak ada penghalang lagi. Proses klaim yang juga tidak sulit dan hanya membutuhkan waktu yang sebentar saja tentu membuat Anda semakin tertarik. Yuk coba layanan ini sekarang di Alfamart. 

Baca juga : Tips Menabung Cerdas untuk Pengelolaan Uang yang Menguntungkan