corporate-news | 28 7 2020
JAKARTA – Sebagai salah satu peritel nasional, Alfamart berupaya untuk turut mendukung kemajuan pariwisata Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang Co-Branding Wonderful Indonesia antara PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dengan Kementerian Pariwisata di Jakarta, Selasa (26/9/2017).
“Melalui kolaborasi ini, Alfamart berkomitmen untuk mendukung program-program promosi pariwisata Indonesia. Termasuk anak perusahaan kami,” ujar Nur Rachman, Corporate Communication GM Alfamart.
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dukungan tersebut dilakukan dengan memasang sticker Wonderful Indonesia di 1.000 toko. Selain itu, materi promosi juga akan dipasang di toko-toko Alfamart di Filipina, serta di salah satu Bus Tingkat Pariwisata DKI Jakarta yang merupakan hibah dari Alfamart.
Co-branding Wonderful Indonesia ini hanya akan dilakukan Kementerian Pariwisata dengan 100 perusahaan saja. Hal tersebut untuk menjaga agar sifatnya tetap eksklusif. Untuk itu, terpilihnya Alfamart untuk bergabung dalam kolaborasi ini memperoleh sambutan positif dari perusahaan.
“Tentunya kami akan berupaya mengoptimalkan co-branding ini. Untuk itu, kami prioritaskan toko-toko yang berlokasi di daerah wisata seperti Bali dan Lombok. Agar efektif, materi promosi juga akan diletakan di posisi strategis seperti bagian depan toko dan meja kasir,” tuturnya.
Nur Rachman menambahkan, Alfamart memiliki jaringan yang tersebar di Indonesia, serta di Filipina.
Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan inisiatif co-branding ini dilakukan untuk memanfaatkan momentum meroketnya Wonderful Indonesia/Pesona Indonesia.
Ini terlihat dari Wonderful Indonesia yang kini sudah kokoh sebagai hasil pengembangan selama 2,5 tahun terakhir. Saat ini, Wonderful Indonesia menduduki posisi ke-47, melompat sangat jauh dari sebelumnya yang tidak terdaftar atau n. l
Co-branding partnership ini memiliki 3 tujuan strategis. Pertama, untuk mendongkrak brand equity dari brand Wonderful Indonesia di pasar global untuk mewujudkan sektor pariwisata sebagai core economy Indonesia.
Kedua, mengembangkan penetrasi pasar dan memperluas exposure brandWonderful Indonesia dengan memanfaatkan jaringan pasar yang dimiliki oleh perusahaan, baik di pasar domestik maupun global. Terakhir, mewujudkan sharing resources antara kedua brand yang berkolaborasi.
Baca juga : Bayar Tiket Lion Air Group ( Lion Air, Wings Air, Batik Air, Malindo Air ) Kini bisa di Alfamart