Dukungan Perusahaan Ritel

corporate-news | 28 7 2020

News Banner Dukungan Perusahaan Ritel

Menyadari dukungan positif masyarakat terhadap kehadiran PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT), sebagai pengelola ritel Alfamart dan Alfamidi, Perusahaan menjalankan program CSR dalam bidang pengembangan usaha kecil dan menengah (SMEs) sebagai salah satu dukungan kepada ritel tradisional.

Kontribusi Perusahaan ditunjukkan melalui pemberian Kartu AKU Pedagang dan Outlet Binaan Alfamart Alfamidi (OBA).Perusahaan merangkul usaha mikro, kecil, dan menengah, yakni warung-warung, toko kelontong, dan pedagang kaki lima yang berada dalam radius 1-3 km dari Toko untuk bergabung dalam Kartu AKU Pedagang, agar memperoleh kemudahan pasokan barang dengan harga yang kompetitif dan mendapatkan edukasi manajemen ritel melalui pelatihan. Para pemilik warung juga berkesempatan mendapat bantuan “Bedah Warung”, yakni merenovasi warung agar tampak lebih modern.

“Rak-rak dan meja kasir yang digunakan pada Bedah Warung, bentuknya seperti rak-rak yang ada di toko Alfamart dan kami berikan secara cuma-cuma. Hingga Januari 2014, Alfamart memiliki 173 Outlet Binaan dan 131.428 Keanggotaan Kartu Pedagang, di mana 73% merupakan anggota aktif yang melakukan pembelian di toko-toko kami,” ungkap Pudjianto, Vice President Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk,.

Menurutnya, Pembinaan Pedagang Kecil melalui Keanggotaan Pedagang dan Bedah Warung merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial Perusahaan/CSR yang menerapkan prinsip pengembangan yang berkelanjutan (sustainable development). “Kami ingin manfaat yang dihasilkan dalam kegiatan CSR bersifat jangka panjang. Adapun kegiatan pengiriman bantuan bencana dan kegiatan yang bersifat filantrophy atau charity merupakan respons atas apa yang terjadi di lingkungan sekitar, karena kami adalah Toko Komunitas. Kami ingin berkontribusi bagi masyarakat sekitar, dengan begitu masyarakat merasa ikut memiliki,” ujar Pudjianto.

Untuk membantu persoalan pendanaan bagi Pedagang, Perusahaan bekerja sama dengan Bank BRI dalam hal layanan perbankan. Dengan kerja sama ini, para member Kartu AKU Pedagang memiliki kesempatan dan akses untuk mendapatkan pembiayaan kredit mikro, tabungan, fasilitas e-banking serta fasilitas capacity building / pelatihan untuk pengembangan usaha.