Melalui Albi Kiosk Alfamart,Mari Bantu Sesama

donation-news | 28 7 2020

News Banner Melalui Albi Kiosk Alfamart,Mari Bantu Sesama

PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (SAT), pemilik jaringan ritel Alfamart bekerja sama dengan Rumah Zakat (RZ) meluncurkan program “Layanan Bersalin Gratis”di Tangerang, Kamis (10/04). Peresmian dihadiri oleh Corporate Communication General Manager PT SAT Nur Rachman dan Chief Executive Officer RZ Nur Effendi.

Dukungan masyarakat terhadap Program “Layanan Bersalin Gratis” dapat dilakukan melalui anjungan mandiri “Albi Kiosk”. Anjungan ini adalah mesin Pelayanan Mandiri untuk konsumen Alfamart.

Albi Kiosk atau dikenal pula sebagai A-Kiosk yang awalnya hanya berfungsi untuk melakukan transaksi pembayaran seperti token PLN, tagihan listrik, e-voucher, kredit motor dan tiket kereta api kini dapat digunakan pula untuk menyalurkan donasi untuk RZyang telah bekerja sama dengan Alfamart.

Pada A-Kiosk Konsumen masuk ke Menu Donasi yang terdapat di halaman ke-2 menu utama pada “A-Kiosk”, lalu memilih Yayasan penerima donasi, kemudian memilih jumlah nominal donasi yang akan disumbangkan. Setelah menginput nominal donasi, konsumen akan mendapatkan nomor urut transaksi. Tahap terakhir adalah konsumen melakukan pembayaran ke kasir dengan menyebutkan nomor transaksi. Sebagai bukti pembayaran konsumen akan memperoleh struk.

Berderma Sebagai Lifestyle

“Tantangan utama filantropi Indonesia adalah kesadaran masyarakat untuk berderma yang masih belum optimal, serta rasa percaya masyarakat kepada lembaga filantropi yang juga masih perlu ditingkatkan. Karenanya, RZ terus meningkatkan kualitas pelayanannya dan terus berupaya menjadikan kebiasaan berderma sebagai lifestyle di masyarakat.” ungkap Effendi.

Menurutnya, gaya hidup masyarakat Indonesia yang modern sudah seharusnya diimbangi dengan kemampuan berderma guna membantu sesama, “Standar kesuksesan hidup seseorang bukanlah hanya ditentukan oleh banyaknya harta yang dimiliki, tapi dari sebanyak apa kemampuannya dalam berderma, yang bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat,” tambahnya.

Kehadiran A-Kiosk sebagai salah satu channel dalam berdonasi merupakan upaya meningkatkan kesadaran berdonasi pada masyarakat serta mengoptimalkan perkembangan informasi teknologi. Dengan bertambahnya channel dalam menyalurkan donasi diharapkan dapat membantu terbentuknya kebiasaan berderma/berdonasi menjadi gaya hidup.

“Salah satu keunggulan berdonasi melalui Albi Kiosk yakni memungkinkan donatur untuk menyalurkan donasi kepada yayasan yang dipercaya dan sesuai keinginannya. A-Kiosk yang disetting untuk pelayanan mandiri diharapkan dapat memotivasi masyarakat membantu sesama karena transaksi dilakukan atas kesadaran sendiri,” ungkap Rachman.

Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk membantu masyarakat kurang mampu agar dapat mengakses kesehatan secara gratis, yakni melalui program Layanan Bersalin Gratiis (LBG). Program layanan kesehatan bagi ibu hamil meliputi pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan USG, dan persalinan. Program ini dapat dilakukan dalam fasilitas klinik yang dikelola Rumah Zakat, maupun kerjasama dengan bidan praktek yang berada di sekitar wilayah binaan Rumah Zakat.

Donasi untuk Program “Layanan Bersalin Gratiis” mulai hari Senin (07/04) dapat disalurkan melalui A-Kioskyang telah tersedia di toko-toko Alfamart di9 kota, yakni Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Bandung, Cimahi, Malang, dan Cirebon.