PEMBIAYAAN RUMAH : BSM Biayai Koperasi Karyawan Alfamart

corporate-news | 27 7 2020

News Banner PEMBIAYAAN RUMAH : BSM Biayai Koperasi Karyawan Alfamart

JAKARTA—PT Bank Syariah Mandiri (BSM) melakukan kerja sama dengan Koperasi Karyawan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) untuk menyalurkan pembiayaan rumah kepada karyawan pegawai.

SEVP BSM Edwin Dwijajanto mengungkap BSM memberikan price kompetitif kepada anggota koperasi karyawan Alfamart dengan skema syariah angsuran yang harus dibayar nasabah tidak berubah selama periode pembiayaan.

Hingga kini, PT SAT memiliki sekitar 5.000 gerai di seluruh Indonesia. Jumlah karyawan mencapai 9.756 ribu dan sekitar 60 ribu telah menjadi angota Kopkar. Potensi awal pembiayaan rumah dari kerja sama ini sekitar Rp20 miliar.

"BSM juga membebaskan biaya pelunasan dipercepat dan biaya appraisal sebagaimana dikenakan di bank umum," ungkapnya, Selasa (14/10/2014).

Edwin menjelaskan fasilitas pembiayaan yang disediakan BSM kepada karyawan PT SAT bervariasi mulai dari kepemilikan rumah baru, rumah second, renovasi rumah, apartemen baru dan second, take over, serta kaveling siap bangun. Jangka waktu pembiayaan setahun hingga 15 tahun.

Hingga September 2014 penyaluran pembiayaan rumah BSM Griya telah mencapai Rp5,4 triliun atau meningkat dibanding per posisi Desember 2013 yang sebesar Rp1,3 triliun.

Dia menambahkan komposisi pembiayaan rumah mengisi sekitar 30% dari pembiayaan segmen Konsumer di BSM yang per September 2014 mencapai sekitar Rp15 triliun. Menurutnya, penyaluran pembiayaan perumahanan, akan membuka peluang meningkatkan dana pihak ketiga (DPK) terutama dana murah melalui pembukaan rekening tabungan karyawan Alfamart.