Satu Dekade di Filipina, Alfamart Resmikan Toko ke-2000

corporate-news | 16 7 2024

News Banner Satu Dekade di Filipina, Alfamart Resmikan Toko ke-2000

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) meresmikan gerai ke-2000 nya di Filipina. Pembukaan gerai yang berlokasi di Ciudad De San Jose, Sta. Rosa, Laguna Philippines tersebut dilakukan pada Selasa (9/7/2024) waktu setempat. Pencapaian tersebut diperoleh Alfamart semenjak mulai berekspansi di Filipina sejak 2014.

“Kami bangga sebagai ritel asli Indonesia, karena satu dekade kami hadir di sini, masyarakat Filipina merespon dengan baik. 2000 gerai adalah bukan sekedar jumlah namun bentuk kepercayaan dari masyarakat atas pelayanan yang kami berikan di sini,” kata International Business and Technology Director Alfamart, Bambang Setyawan Djojo, yang turut hadir dalam peresmian toko.

Ia menambahkan, Alfamart mampu berkembang cukup pesat di Filipina karena kultur belanja masyarakatnya yang menjanjikan, potensi usaha yang terbuka luas, suplai produk yang terjamin hingga dukungan pemerintah setempat terhadap investasi usaha. Selain itu, dengan menawarkan konsep minimarket yang menyediakan kebutuhan sehari-hari, kenyamanan belanja dan harga yang relatif terjangkau semakin menarik hati konsumen Filipina untuk berbelanja di Alfamart.

“Pengetahuan, pengalaman dan keahlian kami dalam mengelola usaha ritel modern di Indonesia juga menjadi bekal dan pondasi penting yang kami gunakan di Filipina. Sehingga kami pun lebih siap dalam mengembangkan usaha,” imbuhnya.

Suplai produk-produk ke 2000 gerai tersebut, disokong oleh 5 kantor cabang dan gudang (Distribution Center) yakni di Silang, Marilao, Mexico, Calamba, dan Sariaya. Alfamart pun berkontribusi dengan memperkerjakan 12.500 karyawan lokal dan 24 tenaga kerja Indonesia di beberapa posisi strategis.

Untuk diketahui, di Filipina, format Alfamart mirip dengan di Indonesia yang menjual beragam kebutuhan sehari-hari, layanan pembayaran elektronik dan juga dilengkapi dengan produk-produk segar dan beku.

Gerai Alfamart pun juga mudah dijumpai seperti di lokasi pemukiman, fasilitas transportasi, perkantoran dan lokasi strategis lainnya. Sehingga masyarakat setempat sangat mudah dalam mendapatkan beragam layanan Alfamart.

Promosikan Produk Asli Indonesia

Alfamart Filipina juga turut membawa merek produk asli Indonesia untuk disediakan di rak pajang. Ini merupakan salah satu strategi Alfamart dalam memperkenalkan produk Indonesia ke pasar internasional. Merek populer di Indonesia mulai dari mie instan, roti, makanan dan minuman ringan tersedia di sana.

"Harapannya, ada semakin banyak produk lokal dalam negeri yang bisa kita dorong untuk lebih maju dengan ekspansi kita di luar negeri," pungkas Bambang.