Tetap Waspada! Ini Cara Pakai Masker Duckbill yang Benar

tips | 24 1 2022

News Banner Tetap Waspada! Ini Cara Pakai Masker Duckbill yang Benar

Dengan banyaknya kelonggaran yang terjadi, masyarakat seakan lupa bahwa kita semua masih dalam kondisi melawan pandemi. Terlebih lagi, dengan munculnya varian virus COVID-19 terbaru bernama Omicron yang mulai merajalela. Ini artinya, Anda harus kembali meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga jarak dan mengenakan masker. Masker duckbill, merupakan salah satu jenis masker yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Untuk memaksimalkan perlindungan terhadap kesehatan Anda selama pandemi, berikut ulasan cara mengenakan masker duckbill.

Tentang Masker Duckbill

Dibandingkan produk masker pada umumnya, masker duckbill memang terbilang cukup unik. Dalam bahasa Indonesia, duckbill diterjemahkan sebagai “paruh bebek”. Hal tersebut merujuk pada bentuk masker dengan ujung yang runcing layaknya paruh seekor bebek. Dibandingkan masker pada umumnya, masker jenis duckbill ini memang memberikan ruang yang lebih luas untuk bernapas. Sehingga, masker ini bisa memberikan kenyamanan selama Anda beraktivitas di luar.

Bahan yang digunakan untuk membuat masker duckbill ini sangatlah beragam. Dari segi efektivitas, masker jenis duckbill ini cukup efektif dalam menangkal partikel virus ataupun partikel lainnya yang berbahaya terhadap saluran pernapasan. Masker duckbill umumnya terbuat dari material kain woven yang cukup tebal dan sering digunakan sebagai bahan masker medis.

Masker duckbill umumnya dibuat dan terdiri dari 3 lapis. Lapisan terluar yang pertama berperan penting untuk memfilter air atau droplet saat seseorang sedang bersin, batuk, atau berbicara. Ini tentunya sangatlah berguna di masa pandemi ini. Apalagi, hampir semua jenis airborne virus disebarkan lewat droplet di udara. Filter kedua adalah filter penyaring debu yang menjaga saluran pernapasan Anda, terlebih bagi Anda yang menderita asma. Lapisan ketiga dan yang terdalam berfungsi untuk menyerap droplet yang Anda keluarkan. Dengan demikian, tidak hanya Anda saja yang terlindungi. Orang-orang di sekitar pun akan lebih terjaga kesehatannya.

Baca juga : Masker Gratis di Hari Pelanggan Nasional

Semakin banyak lapisan yang dimiliki masker tersebut, sudah pasti meningkatkan efektivitasnya dalam menyaring virus. Keunggulan lainnya dari masker duckbill adalah, Anda tidak akan merasa pengap. Sehingga, masker ini sangatlah ideal untuk dikenakan bagi Anda yang produktif dan aktif beraktivitas. Masker duckbill umumnya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu masker sekali pakai dan masker kain.

Tentu saja, Anda bisa dengan bebas memilih manapun yang sesuai dengan kebutuhan. Masker duckbill sekali pakai sudah pasti lebih praktis. Namun, masker duckbill kain sangatlah baik untuk menghemat pengeluaran selama pandemi sekaligus menyelamatkan lingkungan.

Cara Pakai Masker Duckbill

Setelah mengetahui sekilas info tentang produk masker duckbill, tentunya Anda juga menyadari betapa pentingnya untuk mengenakan masker dengan benar. Pastikan Anda sudah mengenakan masker dengan tepat lewat cara berikut ini:

1. Sebelum mengenakan masker, pastikan tangan Anda sudah bersih terlebih dahulu. Anda bisa membersihkan tangan dengan menggunakan air mengalir atau sabun. Atau, jika dalam kondisi mendesak bisa mengaplikasikan hand sanitizer

2. Ambil masker dan pasangkan kedua tali masker pada telinga Anda (untuk jenis earloop), atau kenakan dari atas kepala untuk jenis masker headloop. Pastikan seluruh bagian hidung, mulut, hingga dagu tertutup rapat. Anda juga perlu memastikan bahwa masker yang dikenakan tidak terbalik

3. Tekan bagian kawat yang ada di bagian atas masker untuk mengikuti lekuk hidung Anda. Masker dengan ukuran yang tepat akan menempel dengan sempurna pada wajah Anda dan tidak mudah lepas.

Dengan cara memakai masker duckbill yang benar, Anda telah melakukan pencegahan tingkat pertama terhadap risiko penularan virus Corona. Tapi apakah benar masker duckbill seefektif itu mencegah penularan Covid-19? Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

Tingkat Efektivitas Masker Duckbill Dibanding Jenis Masker Lainnya

FYI, masker jenis duckbill ini memiliki kualitas yang tidak berbeda dengan masker bedah yang standar digunakan para tenaga kesehatan. Jadi, bisa dipastikan masker duckbill bisa digunakan untuk mencegah penyebaran Coronavirus asalkan dibarengi dengan menjaga jarak dan sesuai dengan aturan pemakaian, yakni dipakai hanya untuk satu kali pemakaian saja. Karena pada dasarnya semua masker sekali pakai hanya untuk sekali pakai. Kecuali jika Anda menggunakan masker duckbill yang terbuat dari kain.

Selain itu, seperti diungkapkan World Health Organization (WHO), ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih masker duckbill. Apa saja?

Untuk meningkatkan efektivitas pemakaian masker duckbill, kita tidak hanya harus memperhatikan cara pemakaian masker yang benar dan tips memilih masker yang baik, tetapi kita juga wajib mengetahui bagaimana cara yang tepat membuang limbah masker sekali pakai.

Panduan untuk Membuang Masker Duckbill Sekali Pakai sesuai Rekomendasi WHO

Lantaran masker duckbill termasuk jenis masker sekali pakai, tentu akan menjadi masalah besar jika semua orang tidak peduli dengan tata cara membuang limbah masker yang benar sesuai dengan rekomendasi dari WHO. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan saat membuang limbah masker duckbill dan jenis masker sekali pakai lainnya. Yuk, simak bagaimana aturannya berikut ini:

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau bersihkan tangan Anda dengan hand sanitizer atau antiseptik berbasis alkohol sebelum menyentuh masker yang sedang Anda pakai.
  2. Tanpa menyentuh masker bagian depan, lepaskan tali pengikat masker dari belakang kepala atau telinga.
  3. Lepaskan masker sambil mencondongkan tubuh sedikit agak ke depan dan tarik masker dari wajah. Ingat untuk tetap tidak menyentuh masker, ya.
  4. Segera buang masker di tempat sampah tertutup. Jangan pernah berpikiran untuk memakai ulang masker medis, termasuk jenis duckbill, karena masker medis dirancang hanya untuk sekali pakai.
  5. Bersihkan tangan segera setelah menyentuh masker di bawah air mengalir dengan sabun yang mengandung antiseptik.
  6. Ganti masker jika kondisi masker sudah kotor atau lembab.

Nah, dengan mengetahui bagaimana cara yang tepat membuang limbah masker duckbill sekali pakai, mulai sekarang jangan pernah buang masker bekas pakai sembarangan lagi, ya, karena selain akan membuat lingkungan kita terlihat kotor, virus yang menempel di permukaan masker juga berisiko berpindah ke orang lain ketika menyentuh limbah masker tanpa sengaja.

Itulah sekilas info tentang masker duckbill, mulai dari cara memakai masker duckbill yang tepat, tips memilih masker duckbill yang benar dan panduan membuang limbah masker duckbill sesuai dengan rekomendasi WHO. Bagi Anda yang ingin mengisi ulang stok masker duckbill di rumah, kantor atau untuk bekal di perjalanan, jangan lupa mampir ke Alfamart untuk berbelanja masker, ya. Ada banyak pilihan masker duckbill Alfamart yang bisa Anda beli sesuai kebutuhan Anda dan keluarga tercinta. Kualitas masker Alfamart terjamin dengan banyak promo menarik, jadi belanja makin hemat.

Baca juga : Simak 5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh yang Super Ampuh