tips | 28 6 2022
Beberapa tahun belakangan ini, ada banyak orang yang ingin menjalankan usaha sendiri. Hal ini tentu menjadi sebuah bagian yang dipandang menguntungkan, terlebih bila bisa melihat peluang yang ada. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan franchise sebagai andalan. Istilah franchise pun akhirnya semakin berkembang dan banyak dikenal.
Pengertian Franchise
Istilah franchise tampaknya semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dalam Bahasa Indonesia, franchise juga bisa disebut dengan waralaba. Wara memiliki arti ‘lebih’, sedangkan laba artinya adalah ‘untung’. Maka, bisa diartikan bahwa waralaba atau franchise adalah sebuah bisnis yang dilakukan pihak tertentu sebagai upaya untuk mengharapkan keuntungan.
Jika meninjau Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 yang berisi tentang Penyelenggaraan Waralaba, franchise merupakan hak khusus milik perseorangan maupun badan usaha terhadap suatu sistem bisnis yang memiliki ciri khas bisnis usaha memasarkan barang maupun jasa yang sudah terbukti berhasil dan bisa dimanfaatkan dan dipakai pihak lain dengan perjanjian waralaba.
Baca juga : Buka Peluang Bisnis Bagi Pengusaha Baru dengan Franchise Minimarket Alfamart
Dalam dunia franchise, ada istilah pembeli atau franchisor, yaitu perorangan atau waralaba yang memberi hak memanfaatkan atau memakai waralaba yang dimiliki kepada penerima. Lalu ada juga penerima atau franchisee yaitu perseorangan maupun badan usaha yang diberi hak oleh pemberi waralaba untuk memakai atau memanfaatkan waralaba yang dimiliki.
Supaya bisa mendapat hak waralaba, franchise waralaba harus membayar franchise fee. Maka, penerima pun akan diberikan hak menggunakan atau memanfaatkan kekayaan intelektual maupun semua penemuan sebuah brand milik franchisor. Nah, salah satu di antaranya adalah franchise Alfamart. Ada banyak orang di Indonesia yang sudah memanfaatkannya dan tersebar karena dinilai menjanjikan.
Keuntungan Franchise Alfamart
Memiliki franchise Alfamart dinilai bisa memberikan keuntungan untuk penerimanya. Franchise Alfamart merupakan usaha gerai brand serupa yang dimiliki dan dijalankan berdasarkan pada Perjanjian Waralaba dari PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Modal bisnisnya ialah menjual beraneka kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau dan mempunyai konsep sebagai Community Store.
Siapa saja yang memilih untuk membuka franchise Alfamart bisa mendapatkan sejumlah keuntungan. Pasalnya, pilihan investasi usaha minimarket modern semakin diminati. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan market share pada keseluruhan saluran pendistribusian Fast Moving Consumer Goods. Dengan menjadikan Alfamart sebagai franchise pilihan, maka beberapa keuntungan ini bisa didapatkan.
Memiliki pertumbuhan yang pesat
Suatu pihak biasanya akan memilih brand tertentu sebagai franchise yang dijalani setelah melihat sepak terjal atau pertumbuhannya. Bisa dikatakan Alfamart memiliki pertumbuhan gerai yang cepat. Sejak kali pertama dibuka pada tahun 1999 dan dijadikan sebagai franchise di tahun 2001, Alfamart terus berkembang sampai dengan saat ini.
Kehadiran gerai Alfamart bahkan bisa ditemukan dengan mudah. Jarak satu gerai ke yang lain juga tidak jarang tidak terlalu jauh, sehingga bisa memenuhi kebutuhan konsumen untuk menjangkaunya.
Mendapat dukungan menyeluruh
Sampai saat ini, Alfamart ternyata sudah didukung oleh lebih dari 100.000 orang karyawan dan lebih dari 400 pemasok. Pelayanan yang diberikan pun sudah diterapkan lebih dari 10.200.000 pelanggan setia serta bermitra dengan lebih dari 3.600 gerai franchise. Maka, tidak heran bila dukungan yang terus mengalir ini menjadikan Alfamart semakin berkembang dari waktu ke waktu.
Mendapat kemudahan operasional
Pengoperasian gerai menjadi hal yang sering kali menjadi sebuah pertimbangan tersendiri untuk para franchisee yang akan memilih brand tertentu. Dalam hal ini, Alfamart bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Pasalnya, operasional gerai franchise ini sehari-harinya dilakukan secara langsung oleh PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Maka, tata kelolanya pun sudah sesuai standar dan bisa memberi kemudahan.
Sudah teruji dan terpercaya
Berbagai hal yang termasuk dalam pengoperasian sebuah franchise menjadi bagian penting untuk diperhatikan. Pasalnya, hal ini akan berdampak pada berjalannya sebuah kegiatan pada waralaba dan memberikan hasil dari pengoperasiannya. Oleh karena itu, Alfamart pun selalu berusaha memberi upaya terbaik untuk mewujudkannya.
Tata usaha bisnis ritel seperti pengadaan karyawan, perpajakan dan pelaporan keuangan bulanan maupun tahunan, operasional, logistik dan manajemen persediaan barang dagangan serta teknologi informasi yang diberikan sangat andal. Semua ini sudah terstandar dan disediakan sebaik mungkin, sehingga waralaba Alfamart pun bisa dikelola sebaik mungkin dan memberi kepuasan untuk franchisee.
Merk ini sudah terkenal secara luas
Merk menjadi hal yang turut menentukan minat konsumen terhadap franchise tertentu. Alfamart menjadi merk yang sudah dikenal secara luas. Buktinya sangat nyata, sebab Alfamart sudah mendapatkan beraneka penghargaan, baik di dalam negeri maupun kancah internasional. Hal ini menandakan bahwa Alfamart memiliki kualitas yang bagus, bukan sebatas terkenal.
Memiliki jutaan pelanggan setia
Alfamart sudah mempunyai jutaan pelanggan setia sebagai aset berharganya. Jutaan masyarakat telah bergabung dalam keanggotaan pelanggan setia brand ini. Tidak sebatas itu, penyebaran keberadaan pelanggan setia ini sudah tersebar di berbagai daerah nusantara, bahkan sampai dengan pelosok. Para pelanggannya juga berasal dari berbagai kalangan dan rentang usia.
Dengan melihat jangkauan pelanggan yang luas, maka jelas bahwa sasaran pasar Alfamart banyak. Hal ini menjadi sebuah potensi sekaligus peluang yang baik untuk para pengguna waralaba Alfamart. Dengan demikian, keuntungan yang didapatkan pun nantinya akan terus bertambah, sehingga tujuan utama dibukanya franchise pilihan ini akan semakin mudah tercapai.
Cara Franchise Alfamart
Jika Anda mulai melirik Alfamart sebagai brand yang menjanjikan untuk dijadikan sebagai franchise, maka kini saatnya mewujudkan keinginan berbisnis tersebut. Mempunyai Alfamart tentunya tidak sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang. Anda hanya perlu melakukan 4 langkah mudah untuk mewujudkannya, seperti di bawah ini.
Beri usulan lokasi
Anda bisa melakukan pendaftaran usulan lokasi. Hal ini bisa dilakukan secara langsung pada laman www.alfamart.co.id. Pastikan juga untuk mengisi formulir pendaftaran dan melengkapinya dengan denah maupun foto tampak depan lokasi yang akan dipilih.
Ajukan proposal dan persetujuan
Proposal yang diajukan berisi potensi usulan lokasi, RAB, gambit kerja, dan proyeksi keuangan. Bila seluruhnya disetujui, maka dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya.
Penuhi perjanjian waralaba
Perjanjian ini mencakup beraneka aspek hak serta kewajiban sejumlah pihak yang harus telah disetujui kedua belah pihak sebelum gerai mulai dibuka. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi persyaratannya.
Lakukan grand opening
Sesudah proposal disetujui, penandatangan perjanjian waralaba, renovasi, perizinan diurus, serta setup, maka gerai pun siap beroperasi. Maka, grand opening pun bisa dilakukan setelahnya.
Itu dia berbagai informasi tentang franchise Alfamart. Dengan adanya beraneka keuntungan dan kemudahannya, maka hal ini bisa dijadikan sebagai peluang untuk berbisnis dengan menggaet Alfamart sebagai brand terbaik. Jadi, Impian untuk memiliki franchise menjanjikan pun akan semakin mudah untuk Anda wujudkan. Pastikan persiapkan semua syarat dan ketentuan dengan baik agar proses menjadi lebih mudah, ya!
Baca juga : Penasaran dengan Bisnis Minimarket? Baca Keuntungan dan Persyaratan Franchise Alfamart Berikut!