Jangan Sampai Salah, Ini Cara Memakai Masker Wajah yang Tepat Agar Hasilnya Maksimal

tips | 10 5 2022

News Banner Jangan Sampai Salah, Ini Cara Memakai Masker Wajah yang Tepat Agar Hasilnya Maksimal

Duh, sudah rajin pakai masker wajah, tapi, kok, hasilnya tetap saja, sih, tidak ada tanda-tanda perubahan hasil yang maksimal seperti terlihat di iklan-iklan? Wah, wah, jangan-jangan selama ini cara Anda memakai masker wajah keliru. Yuk, cari tahu cara memakai masker wajah yang tepat agar kulit wajah Anda bisa mendapatkan segala manfaat dengan lebih optimal!

Pemakaian masker wajah yang benar tidak hanya membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi dan menghindari masalah di area kulit wajah yang disebabkan karena kesalahan cara memakai masker. Selain itu, yang paling penting, pastikan menggunakan masker perawatan kecantikan sesuai dengan kondisi kulit.

Nah, berikut ini adalah tahapan cara memakai masker wajah yang benar mulai dari sebelum hingga selesai:

1. Jangan Lupa untuk Selalu Membersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Langkah sederhana ini sayangnya sering banget diabaikan dan dilewatkan. Padahal, sama seperti produk skincare pada umumnya, sebelum memakai masker wajah, sangat dianjurkan untuk mengawalinya dengan membersihkan wajah terlebih dahulu, sehingga sisa-sisa makeup, debu dan kotoran yang menempel di kulit wajah terangkat.

Jika Anda memakai masker wajah padahal belum mencuci wajah, ini akan membuat penyerapan nutrisi yang ada pada masker menjadi kurang sempurna. Selain itu, malah berpotensi menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan jerawat serta masalah kulit wajah lain. Hi, Anda tentu tidak mau hal ini terjadi, kan? Jadi mulai perhatikan lagi cara yang benar memakai masker wajah agar hasilnya maksimal, ya.

2. Pilih Masker Wajah sesuai dengan Kondisi dan Jenis Kulit Anda

Cara memakai masker wajah yang tepat selanjutnya adalah menyesuaikan produk dengan kondisi serta jenis kulit Anda. Karena setiap kulit membutuhkan nutrisi yang berbeda. Jadi, kalau tipe kulit wajah Anda itu termasuk mudah berjerawat, jangan pakai masker untuk kulit kering, normal atau sensitif. Poin ini sangat penting diperhatikan agar hasil akhir usai memakai masker bisa sesuai dengan harapan.

Selain itu, jangan asal-asalan memilih bentuk masker, karena masker wajah juga bentuknya sangat beraneka agam. Mulai dari sheet mask yang tinggal pakai, clay mask, peel-off, wash off, bubuk (powder), gel, krim hingga masker wajah DIY dari bahan-bahan alami di sekitar Anda.

3. Ikuti Aturan Waktu Pemakaian

Mungkin banyak dari Anda yang menganggap semakin lama memakai masker maka akan semakin baik untuk kesehatan kulit wajah. Anggapan ini sangat keliru. Karena ternyata menggunakan face mask dalam waktu yang lama justru akan membuat kulit Anda jadi lebih kering karena masker akan menyerap kelembaban kulitmu.

Ikuti aturan pemakaian. Idealnya memakai masker wajah itu hanya sekitar 10-30 menit saja. Kecuali yang Anda pakai itu jenis sleep mask atau overnight mask yang memang bisa dipakai semalaman. Jadi, jangan lagi memakai masker wajah terlalu lama dan mengabaikan aturan pakainya, ya, jika ingin hasilnya maksimal untuk wajah yang sehat.

4. Bilas Wajah sampai Bersih

Khusus untuk masker jenis sheet mask, sebaiknya jangan membilas wajah setelah memakainya. Untuk mengatasi sensasi lengket dan tidak nyaman pada wajah, Anda bisa menepuk-nepuk kulit wajah dengan lembut untuk memaksimalkan sisa essence yang tertinggal agar penyerapannya oleh kulit lebih optimal.

Tapi untuk masker wajah jenis mud, clay, peel-off, serbuk atau powder dan gel, pastikan Anda membilasnya hingga bersih setelah 15-30 menit sesuai aturan pemakaian. Anda bisa menggunakan kain waslap lembut yang telah dibasahi air hangat atau dicuci dengan air biasa. Pastikan tidak ada sisa masker tertinggal, karena residu masker bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo.

5. Aplikasikan Pelembab Wajah Meski Kulit Sudah Terasa Lembab

Ini dia poin yang juga masih sering disepelekan setelah memakai masker wajah. Alasannya karena kulit wajah sudah terasa lembut dan lembab. Padahal, dalam tata cara memakai masker wajah yang benar, Anda tetap wajib mengaplikasikan pelembab. Pemakaian pelembab wajah ini bertujuan untuk membantu mengunci nutrisi dan kelembaban yang telah terserap kulit wajah ketika memakai masker.

Gunakan pelembab atau moisturizer dan serum khusus untuk dipakai malam hari yang biasanya memiliki tekstur ringan dan mudah terserap kulit tanpa meninggalkan rasa terlalu berat dan tebal pada wajah. Dengan begitu kulit Anda akan terhidrasi dengan sempurna dan tidak terasa kering, deh.

6. Hindari Memakai Masker Terlalu Sering

Selain durasi pemakaian masker, ternyata intensitasnya juga harus Anda perhatikan. Kebanyakan orang menganggap dengan sering menggunakan masker, maka wajah pun akan mendapatkan hasil yang lebih bagus. Padahal tidak seperti itu. Terlalu sering memakai masker wajah justru akan memicu bruntusan, terutama bagi pemilik kulit wajah dengan tipe lembab dan berminyak.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari masker wajah, cukup pakai masker 1-2 kali saja per minggu agar kelembaban kulit Anda terjaga. Bagi pemilik kulit wajah dengan tipe kering, disarankan menggunakan masker setiap 2-3 kali seminggu. Dan jika ingin memakai masker setiap hari, ada jenis sheet mask dengan tipe 7 days sheet mask.

7. Terlalu Banyak Bergerak dan Berbicara Saat Memakai Masker Wajah

Hayo, siapa, nih, yang suka ngerumpi kalau lagi memakai masker wajah? Mulai hentikan kebiasaan ini, ya. Karena terlalu sering menggerakkan wajah dan berbicara, apalagi kalau Anda memakai masker yang hasil akhirnya bisa mengeras, bisa mempengaruhi elastisitas kulit dan memunculkan keriput. Bukannya mulus, wajah malah jadi keriput gara-gara setiap gerakan, seperti tertawa atau berbicara akan membuat permukaan masker retak. Hi, ngeri!

8. Secukupnya Mengaplikasikan Masker Wajah

Tidak perlu berlebihan mengoleskan masker wajah. Terlalu banyak atau tebal mengaplikasikan masker justru tidak akan memberikan hasil maksimal pada kulit wajah. Sebaliknya, hal ini bisa mendatangkan berbagai masalah pada kulit. Oleh karena itu, selalu ikuti aturan pemakaian masker yang tepat dan gunakan masker wajah secukupnya sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Biasanya, sih, Anda hanya perlu mengaplikasikannya sebanyak satu layer saja, lalu tunggu hingga kering dan bilas sampai bersih.

9. Gunakan secara Konsisten untuk Hasil Maksimal

Tips memakai masker wajah yang tepat adalah menggunakannya secara teratur. Tidak terlalu sering, dan tidak terlalu jarang pula. Tidak perlu bingung, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang tercantum pada kemasan masker wajah untuk mengetahui waktu penggunaannya demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Sekarang sudah tahu cara memakai masker wajah yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar wajah terlihat kenyal, bercahaya dan sehat, kan? Jadi, jangan salah lagi, ya, supaya kulit wajah Anda jauh dari masalah yang timbul gara-gara kesalahan dalam pemakaian masker. Nah, untuk Anda yang lagi kehabisan stok masker wajah, bisa langsung belanja lewat aplikasi Alfagift, lho. Ada banyak pilihan masker wajah sesuai kebutuhan, dan harganya dijamin tidak bikin kantong kering. Karena di Alfagift selalu ada promo menarik. Yuk, temukan produk favoritmu cuma di Alfagift!