Manfaat Vitamin D untuk Menjaga Kesehatan Menjelang Lebaran

tips | 10 5 2022

News Banner Manfaat Vitamin D untuk Menjaga Kesehatan Menjelang Lebaran

Perbedaan paling signifikan antara Lebaran tahun lalu dan sekarang adalah peraturan pemerintah yang sudah memperbolehkan mudik. Euforia pulang kampung ini tentunya bikin Anda mempersiapkan banyak hal agar perjalanan pulang lancar begitu pula saat berkunjung ke rumah sanak saudara nantinya. Nah, salah satu yang mesti diperhatikan dan dipersiapkan dengan sangat baik adalah kondisi tubuh yang fit mulai hari ini. Di antara sekian banyak nutrisi yang musti dipenuhi, salah satu yang tidak boleh terlewat adalah vitamin D. Manfaat vitamin D untuk tubuh cukup beragam mulai dari memelihara kesehatan tulang hingga menjadi booster untuk sistem imun yang maksimal. Nah, supaya lebih memahami apa manfaat vitamin D bagi tubuh, yuk simak informasinya di bawah ini.  

Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan

1. Memaksimalkan penyerapan kalsium

Bukan rahasia lagi jika vitamin D sering diidentikkan dengan kesehatan tulang. Bahkan, nutrien ini juga kerap disandingkan dengan kalsium sebagai suplemen pencegah osteoporosis. Hal ini sebenarnya bukan tanpa alasan karena memang vitamin D memiliki peran dalam mendukung penyerapan kalsium di dalam usus. Ketika tubuh dapat menyerap kalsium dari makanan yang dimakan dengan maksimal, maka metabolisme tidak perlu mencari sumber kalsium lain misalnya dari sel-sel tulang yang memicu pengeroposan. Kalsium dari makanan sehat yang dikonsumsi dan dapat diserap dengan baik juga membantu mengembalikan kepadatan tulang serta mendukung pertumbuhannya terutama pada anak-anak.

2. Booster ketahanan tubuh

Saat jumlah kasus Covid-19 sangat tinggi di awal kemunculannya dulu, masyarakat beramai-ramai memborong dua jenis vitamin yaitu vitamin C dan D. Vitamin C memang sudah dikenal luas dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, tapi apa hubungannya dengan vitamin D? Jadi, vitamin D juga membantu kerja sistem imun supaya dapat melindungi tubuh dari serangan benda asing dari luar, termasuk kuman, bakteri dan virus.

Kendati vitamin D sebenarnya dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari, namun jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan hariannya yakni setidaknya 10 mikrogram per hari. Itulah sebabnya Anda harus mencari sumber vitamin D lain agar kebutuhan harian tercukupi, misalnya lewat sayuran, buah-buahan serta suplemen makanan yang kaya vitamin tersebut.

3. Mengurangi resiko depresi

Studi menyebutkan bahwa pemenuhan vitamin D yang baik juga berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang. Saat Anda mendapatkan asupan vitamin D yang cukup, kemungkinan mengalami depresi, stress dan gangguan kejiwaan lainnya akan berkurang. Hal ini dikarenakan vitamin D membantu meregulasi hormon dalam tubuh agar seimbang. Seperti yang diketahui, ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu penyebab stress dan depresi. Meskipun memang ada faktor lain seperti tekanan mental dan lingkungan, namun dengan regulasi hormon yang seimbang kemungkinan mengalami penyakit tersebut dapat berkurang.

4. Membantu menangkal radikal bebas

Radikal bebas dan efek buruk lingkungan memang tidak secara langsung mengakibatkan efek buruk seperti kematian. Namun, faktor ini merupakan pemicu terjadinya penyakit kronis seperti serangan jantung dan juga diabetes. Selain dengan memperbaiki pola hidup dan kebiasaan makan menjadi lebih sehat, memenuhi kebutuhan vitamin D juga bisa menjadi langkah preventif yang efektif. Vitamin D memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan kesehatan. Bersama nutrisi lainnya, tubuh akan lebih kuat menghadapi tantangan dari lingkungan yang kurang sehat sehingga berbagai penyakit serius dapat dihindari.

Sumber Vitamin D

Banyak juga ya, manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, menjelang mudik hingga kembali ke kota lagi Anda harus memenuhi kebutuhannya setiap hari agar tubuh selalu dalam kondisi bugar dan dapat berkegiatan dengan semangat. Pemenuhan kebutuhan vitamin D harian ini bisa Anda dapatkan melalui:

Selain dengan berbagai bahan pangan menyehatkan di atas, penuhi kebutuhan harian vitamin D dengan rutin mengonsumsi suplemen yang tersedia di Alfamart. Anda bahkan tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja sebab ada aplikasi Alfagift yang membantu kegiatan berbelanja bulanan, mulai kebutuhan dapur hingga produk kesehatan seperti suplemen vitamin D dari berbagai merek ternama. Yuk, buruan dapatkan produk vitamin D pilihan di Alfagift agar tubuh selalu fit selama Lebaran.