Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman Agar Tidak Tertipu

tips | 9 5 2022

News Banner Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman Agar Tidak Tertipu

Hari gini, siapa, sih, yang tidak pernah berbelanja online? Yang namanya belanja online belakangan ini memang sudah menjadi sesuatu yang lumrah dilakukan. Terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Meski dirasa lebih praktis, tapi nyatanya ada juga risiko yang membayangi ketika Anda belanja online, lho. Misalnya barang tidak sesuai deskripsi atau yang paling parah, penyalahgunaan data-data pribadi Anda untuk tujuan tertentu. Nah, agar terhindar dari hal-hal merugikan semacam itu, sebaiknya cermati tips belanja online yang aman dan nyaman berikut, yuk!

1. Pilih Toko Online Terpercaya dengan Reputasi yang Baik

Langkah pertama yang harus dilakukan supaya terhindar dari penipuan penjual abal-abal saat belanja online adalah selalu mengecek reputasi toko online demi memastikan kredibilitas toko online tersebut. Periksa ulasan review konsumen, status toko maupun tanda ceklis ‘trusted’ toko yang ada di marketplace. Dan yang tidak kalah penting, pastikan menggunakan aplikasi resmi untuk keamanan dan kelancaran transaksi online.

2. Waspadai Toko yang Menawarkan Harga Sangat Murah Dibanding Harga Pasar

Tidak jarang pelaku penipuan online memajang produk dengan harga yang jauh lebih rendah ketimbang harga yang ada di pasaran. Bahkan sampai 50% di bawah harga produk asli. Jika mendapati hal seperti ini, sebaiknya waspada. Jangan mudah tergiur iming-iming harga lebih murah, sehingga mengabaikan ulasan konsumen sebelumnya. Tapi jangan pula terlalu terpaku pada testimoni. Karena ada juga pelaku penipuan online yang memalsukan review dari pembeli.

3. Pahami Semua Syarat dan Ketentuan yang Berlaku di Toko Online Tersebut

Cukup banyak orang yang menyepelekan syarat dan ketentuan di toko online cuma gara-gara malas membaca, sehingga mereka melewatkan poin penting yang tercantum di sana. Sebelum membeli, sangat disarankan membaca dan memahami syarat serta ketentuan yang berlaku di toko online tersebut. Dengan begitu Anda bisa tahu langkah apa yang harus dilakukan ketika barang yang sampai berbeda dari deskripsi atau pun mengalami cacat.

4. Pilih Metode Pembayaran yang Benar-Benar Aman

Tips belanja online selanjutnya adalah memilih metode pembayaran yang keamanannya terjamin. Sekarang ini marketplace sudah menyediakan beragam metode pembayaran untuk memudahkan konsumen mendapatkan akses pembayaran yang aman dan terpercaya. Hindari melakukan pembayaran di luar opsi pembayaran yang disediakan marketplace. Dan jangan pernah juga mentransfer uang langsung ke toko online karena keamanannya tidak terjamin.

5. Simpan Bukti Transfer dan Pembayaran

Setelah proses pembayaran selesai, jangan lupa menyimpan bukti transfer dan pembayaran, baik itu berupa print out dari mesin ATM atau pun screenshot dari ponsel. Dengan begitu Anda bisa melaporkan kasus penipuan yang dilakukan toko online fiktif berbekal bukti tersebut jika di kemudian hari terjadi suatu masalah, seperti barang yang tidak kunjung dikirimkan atau barang tidak sesuai dengan perjanjian di awal transaksi.

6. Mintalah Bukti Resi Pengiriman

Meminta bukti resi pengiriman produk menjadi tips belanja online agar tidak tertipu yang harus Anda lakukan. Biasanya toko online yang sudah berpengalaman akan langsung memberikan resi pengiriman secara otomatis kepada pembeli. Tapi tidak ada salahnya melakukan follow up terkait proses pembelian yang Anda lakukan jika toko tidak melakukannya. Dengan bukti resi pengiriman Anda bisa memantau produk yang Anda beli sudah masuk ke tahapan proses mana.

7. Amankan Data dan Identitas Diri Anda di Paket Pengiriman

Hal penting terakhir yang sayangnya kerap kali diabaikan agar aman dan nyaman saat berbelanja online adalah segera mengamankan data dan identitas diri yang tercantum di paket pengiriman sebelum membuangnya. Meski dianggap sebagai sampah, tapi bungkus paket yang berisi nama, alamat, nomor handphone, juga bisa dijadikan jalan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan, lho. Jadi pastikan merobek kertas berisi data dan identitas pribadi di paket, baru membuangnya.

Itulah beberapa tips belanja online agar aman dan terhindar dari segala macam penipuan. Nah, buat yang butuh belanja nyaman anti ribet-ribet club dan langsung diantar hari itu juga, langsung aktifkan akun di aplikasi Alfagift, yuk. Ada banyak sekali pilihan produk untuk kebutuhan Anda dan keluarga. Temukan penawaran terbaik dan promo menggiurkan lainnya hanya dengan menjadi member Alfagift.