Laporan Donasi Konsumen Alfamart 2021

donation-news | 16 3 2022

News Banner Laporan Donasi Konsumen Alfamart 2021

Alfamart sebagai toko komunitas yang tersebar luas di Indonesia, telah menjalankan Donasi Konsumen Alfamart 2021, dengan mengajak peran aktif pelanggan untuk membantu sesama yang membutuhkan. Melalui program Donasi konsumen, pelanggan bisa memberikan uang receh kembalian belanjanya sebagai donasi.

“Sebagai salah satu program positif yang dilakukan Alfamart yaitu menggalang donasi konsumen dan dikelola oleh Yayasan penyalur lalu disalurkan sepenuhnya untuk masyarakat yang membutuhkan uluran tangan”. ujar Nur Rachman, Corporate Communication GM Alfamart.

Baca juga : Donasi Konsumen Alfamart, Bentuk Kepedulian Sesama

Yayasan penyalur donasi konsumen Alfamart adalah Yayasan sosial yang memiliki izin resmi, memiliki struktur organisasi yang jelas, program yang bisa memberikan manfaat, kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan. Selain itu, program Donasi Konsumen Alfamart telah mendapat izin resmi pemerintah melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Agama, dan laporan pertanggungjawabnya diberikan secara periodik.

Nur Rachman mengungkapkan bahwa dari bulan Januari hingga Desember 2021 ini terdapat empat Yayasan yang bekerjasama untuk menyalurkan donasi konsumen. “Setiap periode penggalangan yakni dua bulan, tiga bulan hingga empat bulan disalurkan oleh Yayasan dengan program bantuan yang berbeda,” pungkasnya.

Periode Januari hingga Februari, disalurkan oleh Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdhatul Ulama (LAZISNU) dengan total donasi sebesar Rp. 2.622.237.280 berupa 2 unit Ambulance Rescue untuk wilayah di Kab Malang dan Klinik Lazisnu, 3 perahu karet siaga Banjir, 3.500 paket kebutuhan pokok, 1.500 paket berbuka puasa, 1.350 paket School kit, 1.100 Sarung, 1.050 Mukena, santunan pendidikan untuk 39 siswa/siswi, 31 kursi roda, bantuan 20 Masjid/Musholla, 5 tenda pleton siaga bencana, bantuan 4 warung UKM, santunan 12 pasien kronis, santunan 6 penyandang disabilitas, dan bantuan dapur umum siaga bencana. Izin LAZISNU dikeluarkan oleh Kementerian Agama no SK 255/2016.

Sedangkan pada bulan Maret hingga Mei 2021, donasi 4.931.519.580 rupiah disalurkan melalui Yayasan Mizan Amanah. Izin dikeluarkan oleh Kementerian Agama no SK 764/2018. Penyalurannya berupa 3 unit Ambulance dan 1 unit mobil rescue untuk Kota Serang, Kab. Cirebon dan Klinik Mizan Amanah, 4.100 paket kebutuhan pokok, 2.150 paket school kit, 1.800 paket makanan siap saji, 1.950 sarung, 1.650 mukena, 520 sepatu sekolah, renovasi 44 Masjid/Mushola, santunan Pendidikan untuk 35 siswa/siswi. 20 kursi roda, santunan 35 pasien kronis, 5 tenda pleton siaga bencana, 5 hewan qurban, renovasi 3 warung UKM, dan 1 perahu karet siaga banjir.

Bulan Juni hingga Agustus 2021, Yayasan Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia (BMCI) menyalurkan donasi konsumen Rp. 4.931.519.580 berupa 6 unit Ambulance Rescue Siaga di wilayah Tangerang Selatan, Kota Serang, Kab. Serang, Kota Cilegon, Lebak dan Pandeglang, 1.750 paket school kit, 500 sarung, 500 mukena, 4.500 beras 3kg, 3.500 paket sembako, 1.100 makanan siap saji, 550 hazmat, 17 tabung oksigen, santunan 75 pasien kronis, santunan Pendidikan untuk 38 siswa/siswi, bantuan 50 Masjid/Musholla, renovasi 20 jembatan di Jawa & Sumatera, 9 tenda pleton siaga bencana, dan 11 hewan qurban. Izin penggalangan oleh Yayasan BMCI mendapat izin dari Kementerian Sosial melalui SK Kemensos RI no 431/HUK-PS/2021.

Donasi periode September hingga Desember 2021 disalurkan oleh Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU). Jumlah donasi Rp. 5.573.335.666 diberikan berupa 3 unit kendaraan rescue, 1 klinik gratis di Lebak Banten, 8.150 paket sembako, 7.000 paket beras 3kg, 1.900 paket school kit, 1.000 paket makanan siap saji, 850 sarung, 850 mukena, bantuan 60 Masjid/Musholla, santunan Pendidikan untuk 58 siswa/siswi, santunan 41 pasien kronis, 1 Perahu karet siaga bencana, 100 khitan gratis, 50 kursi roda, dan 2 toilet portable siaga bencana. Izin LAZISMU diterbitkan oleh Kementerian Agama melalui Keputusan Menteri Agama RI no 730/2016.

Donasi konsumen disalurkan di banyak bidang seperti sosial, pendidikan, kesehatan dan kemanusiaan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan Alfamart yang secara suka rela memberikan donasi atau kembalian uang belanjanya, meskipun sedikit namun bila dihimpun dan diberikan tepat sasaran akan memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.” tutup Nur Rachman.

Baca juga : Kota Cirebon Terima Ambulance Hasil Donasi Konsumen Alfamart