Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sehari-Hari Agar Jauh dari Penyakit Berbahaya

tips | 10 5 2022

News Banner Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sehari-Hari Agar Jauh dari Penyakit Berbahaya

Hayo, siapa, nih, yang langganan sakit gigi, gusi bengkak, gigi berlubang atau sariawan? Atau mungkin orang-orang terdekat sering sekali mengeluh kalau mulut Anda berbau tidak sedap alias bau naga? Wah, coba, deh, cek lagi, apakah Anda sudah menyikat gigi dengan benar dan melakukan semua cara terbaik untuk menjaga kesehatan organ pertama dalam sistem pencernaan, mungkin ada yang salah. Nah, supaya penyakit-penyakit seperti ini jauh-jauh dari Anda, yuk, cari tahu bagaimana, sih, cara menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Area Mulut

Gusi bernanah, radang lidah, karang gigi, gigi hipersensitif, sariawan, karies gigi hingga tumor gigi adalah sebagian kecil penyakit yang disebabkan karena kita abai terhadap kesehatan gigi dan mulut. Mulai dari jarang membersihkan gigi, kebiasaan merokok, menyikat gigi terlalu kuat, pemakaian gigi palsu hingga berbagai faktor lainnya.

Yang mengerikan, bakteri mikrobiome oral yang hidup di area mulut, pipi dalam, lidah, langit-langit, amandel dan gusi bisa sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Ketika lingkungan mulut terlalu asam, lembab dan kotor, mereka bisa berkembang sangat pesat. Dan tidak hanya di area mulut saja, mereka juga bisa masuk ke aliran darah hingga berpindah ke jantung, usus, bahkan sampai otak.

Salah satu bakteri berbahaya penyebab peradangan di tubuh adalah bakteri penyebab masalah gusi, yang disebut Porphyromonas gingivalis (Pg). Disebutkan dalam hasil penelitian dari Fakultas Kedokteran University of Louisville, bahwa jumlah bakteri Pg yang ditemukan dalam otak penderita alzheimer lebih tinggi dibandingkan otak orang yang sehat.

Dari bukti tersebut, bisa ditarik kesimpulan jika bakteri mikrobiome oral bisa berpindah dari area mulut ke otak dan menyebabkan infeksi. Karena itu, yuk, mulai belajar lebih perhatian pada kesehatan gigi serta mulut dengan cara berikut ini;

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari dengan Teknik yang Benar

Tidak hanya menyikat gigi, Anda juga dianjurkan membersihkan lidah untuk menghilangkan kuman dan plak yang menempel dan menjaga kesehatan area gigi dan mulut dengan lebih maksimal.

2. Jangan Menggosok Gigi Terlalu Keras

Menyikat gigi tujuannya memang untuk menghilangkan plak yang ada pada gigi. Tapi menggosok gigi terlalu keras justru dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang pada dasarnya sudah tipis. Kebiasaan seperti ini bisa menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif.

Selain itu, kesalahan dalam cara menjaga kesehatan gigi juga bisa membuat plak gigi semakin menumpuk dan mengeras. Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini akan menyebabkan gingivitis atau peradangan gusi. Sikatlah gigi dengan gerakan memutar secara lembut dan memijat gigi selama 2 menit.

3. Pilih Pasta Gigi yang Mengandung Fluorida

Fluorida adalah unsur alami yang biasa kita temukan dalam pasta gigi. Kandungan ini bisa diserap oleh tubuh, lalu sel-sel tubuh akan menggunakannya untuk membangun gigi dan menguatkan enamel gigi. Selain itu, fluoride juga merupakan pertahanan utama jika ada kerusakan gigi. Peran fluoride adalah memerangi kuman dan memberikan perlindungan alami untuk gigi Anda.

4. Bersihkan Sela-Sela Gigi dengan Dental Floss

Bagaimana kalau ada suatu kondisi di mana Anda tidak sempat menyikat gigi? Tetap jangan beralasan untuk menunda membersihkan gigi. Anda bisa membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss. Benang gigi efektif mengangkat partikel dan plak yang tertinggal atau pun menumpuk di area yang sulit dijangkau.

5. Gunakan Obat Kumur atau Larutan Garam untuk Mengusir Bau Mulut

Siapa, sih, yang tidak terganggu dengan bau mulut tak sedap ketika sedang ngobrol dengan orang? Tapi, bagaimana jadinya kalau Anda sendiri yang punya bau mulut? Yuk, singkirkan bau mulut tak sedap dengan obat kumur. Selain efektif mengusir bau mulut, berkumur dengan obat kumur juga efektif banget mencegah sakit gigi, lho.

Berkat kandungan di dalamnya, obat kumur bisa menekan pertumbuhan bakteri dan juga mengurangi plak yang menempel pada area mulut.

Selain obat kumur, Anda juga bisa berkumur dengan bahan alami yang ampuh mencegah sakit gigi, yakni air campuran garam. Larutan garam merupakan disinfektan alami yang bisa menyembuhkan luka maupun meredakan sakit tenggorokan.

6. Kunyahlah Permen Karet untuk Menetralkan Asam Penyebab Plak Gigi

Eits, ingat, tidak semua permen karet aman untuk kesehatan gigi, lho. Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut menggunakan permen karet adalah memastikan permen karet itu bebas gula. Mengunyah permen karet bebas gula akan meningkatkan produksi air liur di rongga mulut. Nah, peningkatan air liur ini bisa membantu menetralkan dan menghilangkan asam yang diproduksi ketika makanan diuraikan oleh bakteri yang ada pada plak gigi.

7. Hentikan Kebiasaan Merokok Sekarang Juga Yuk!

Tembakau bisa menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning dan bibir menghitam. Kebiasaan merokok juga akan meningkatkan risiko terkena penyakit gusi dan kanker mulut. Nah, kalau ingin kesehatan gigi dan mulut terjaga, mulai sekarang hentikan kebiasaan merokok, ya!

8. Lebih Banyak Minum Air

Air mineral merupakan asupan yang baik untuk tubuh, tidak hanya karena bisa menghidrasi tubuh, tapi juga sangat bagus bagi kesehatan mulut. Minum air membantu membersihkan sejumlah efek negatif yang ditimbulkan makanan dan minuman yang menempel di area gigi dan mulut.

9. Kurangi Konsumsi Makanan Manis dan Asam

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis tidak hanya buruk bagi kesehatan tubuh, tapi juga gigi dan mulut. Bakteri di dalam mulut akan mengubah makanan manis menjadi asam yang kemudian bisa menggerogoti enamel gigi.

Selain itu, asam yang diproduksi bakteri dari makanan manis juga bisa menyebabkan gigi keropos dan berlubang. Jika ingin menjaga kesehatan gigi serta mulut, sebaiknya batasi mengonsumsi makanan manis dan gula.

10. Rutin Memeriksakan Gigi ke Dokter

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut terakhir yang juga sayangnya masih suka ditinggalkan kebanyakan orang adalah mengecek kondisi dan kesehatan gigi serta area mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dengan rajin memeriksakan gigi ke dokter bisa membantu Anda segera menemukan jika ada masalah pada gigi atau area mulut sebelum terlambat dan parah.

Nah, ternyata cara menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak terlalu sulit asalkan dilakukan dengan disiplin dan teratur, ya? Untuk memudahkan Anda mendapatkan produk kesehatan gigi, aplikasi Alfagift hadir. Anda bisa menemukan semua produk perawatan kesehatan gigi dan mulut dari merek-merek terkenal di satu aplikasi dan tidak perlu menunggu lama, pesananmu akan diantar segera. Yuk, jaga kesehatan gigi dan mulut bersama Alfagift dengan mendaftar sebagai member Alfagift untuk mendapatkan semua keuntungan dan promonya!